Telematika
berasal dari bahasa perancis “telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi
informasi. Teknologi Informasi sendiri dapat diartikan sebagai
sarana/prasarana, sistem, dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan,
pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang
bermakna.
Para
praktisi menyatakan “telematics“ adalah singkatan dari “telecommunication” and
“informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep computing
and communication. Istilah telematics juga dikenal
sebagai “the new hybrid technology” yang
lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu
perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu
(konvergensi). Semula media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi
teknologi informasi komunikasi pada saat itu.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga tidak hanya
dengan perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte,
penggunaan multicore processor, penggunaan memory dengan multi slot serta
peningkatan kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan
harga yang masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan
akses wireless dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga.
Hal ini berakibat menumbuhkan factor baru dari perkembangan teknologi. Antamuka
pun sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop UBuntu,
GoogleApps, YahooAPPS live.Hal ini ditunjang oleh search engine yang semakin
cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunaannya. Pada akhirnya, era robotic akan segera muncul. Segenap
mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak
dibuat dalam skala industry kecil dan menengah. Tetapi, jauh dari itu semua, mengenai tren ke depan telematika, itu
merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan menjadikan sebagai suatu
trend didalam masyarakat. Yang pasti dalam proses perkembangannya harus
dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak menguntungkan diri sendiri.
Sehingga trend ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat
diterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun
dari kalangan bawah.
Contoh Telematika dibidang telekomunikasi. Yang termasuk dalam layanan
telematika di bidang komunikasi adalah layanan dial up ke Internet maupun semua
jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan
data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Contoh lainnya,
sekarang semua orang sudah mempunyai handphone, dan semakin hari semakin pesat
perkembangan teknologinya, dan semakin memudahkan para penggunanya untuk
mendapatkan informasi secara langsung baik itu dari sms maupun push email yg
lagi booming-nya di Indonesia akibat pasar handphone blackberry atau sekedar
browsing dengan menggunakan wifi ataupun WAP.
Selain itu, layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang
melibatkan video dan audio secara real time. Teknologi yang digunakan untuk
layanan video conference komersial pada awalnya dikembangkan di atas platform
ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan standar H.320. Secara
fungsional, elemen pendukung layanan video conference terdiri dari:
§
Terminal video conference atau endpoint
video conference, adalah perangkat yang berada di sisi pengguna video
conference.
§
MCU (Multipoint Conference Unit), adalah
semacam server yang berfungsi sebagai pengendali konferensi yang melibatkan
banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.
§
Gateway dan gatekeeper adalah media yang
melakukan proses adaptasi komunikasi video conference berbasis ISDN ke IP dan
sebaliknya.
Berbagai macam bentuk yang menjadi dampak penggunaan telematika merebak
luas pada masyarakat. Dampak ini akan memunculkan dan merubah pola kehidupan,
bekerja, berusaha bahkan merubah falsafah pada bidang-bidang tertentu. Dampak
yang pasti adalah akan terjadinya perubahan minat bekerja yang lebih efisien
dalam arti benefit to cost ratio, efektif dalam arti kualitas produk, jasa, dan
pemerataan distribusi produk jasa kepada masyarakat. Dampak yang akan muncul
penggunaan telematika baik secara langsung maupun tidak langsung, yaitu:
1. Penghematan transportasi dan bahan bakar.
2. Menghindarkan jam-jam yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
3. Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
4. Menyuguhkan banyak pilihan
sarana telekomunikasi.Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar