Daftar Blog Saya

Kamis, 18 April 2013

Cara Memproteksi Diri dari Narkoba



CARA
MEMPROTEKSI DIRI DARI NARKOBA







DISUSUN OLEH :
Indrat Saputra
13110532
  3 ka19





UNIVERSITAS GUNADARMA
2013




KATA PENGANTAR


Saya mengucapkan syukur, karena berkat ALLAH SWT saya telah berhasil menyusun makalah yang berjudul Usaha Memproteksi Diri dari Narkoba, saya membuat makalah dalam rangka mengerjakan tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2.

Dalam menyusun makalah ini saya menemukan beberapa kesulitan yaitu dalam menentukan tema dan judul, menemukan buku sumber, namun berkat usaha dan kemauan saya dan dukungan dari guru pembimbing, orang tua, dan teman – teman saya, akhirnya saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Ucapan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu saya dan tak lupa saya berterima kasih kepada :
Orang tua
Teman – teman yang telah membantu saya.

Harapan saya dalam karya tulis yang sederhana ini dapat membantu kita semua dalam memproteksi diri dari bahaya narkoba, saya juga menerima kritik dan saran dari yang membaca karya tulis ini untuk membantu saya mengetahui kekurangan – kekurangan dalam karya tulis ini.


Jakarta,  15 – 4 – 2013



                                                                        Penyusun  










DAFTAR ISI


Halaman judul …………………………………………………….i
Kata pengantar ……………………………………………………ii
Daftar isi ………………………………………………………….iii
Bab I pendahuluan ……………………………………...1
1.1 Latar Belakang Masalah …………………………….....1
1.2 Permasalahan ……………………………………...1
1.3 Tujuan Penelitian ……………………………………...1
1.4 Metode Penelitian ……………………………………...1
1.5 Kegunaan Penelitian ……………………………………...1
1.6 Sistematika ……………………………………...1
BAB II ISI / PEMBAHASAN ……………………………………...2
2.1 Kerangka Teori ……………………………………...2
2.2 Kerangkan Berfikir ……………………………………...3
2.3 Pembahasan ……………………………………...3
BAB III PENUTUP ……………………………………………..4
3.1 Kesimpulan ……………………………………………..4
3.2 Saran ……………………………………………..4
DAfTAR PUSTAKA ……………………………………………..5






















BAB I
PENDAHULUAN



  Latar Belakang Masalah
Pada umumnya masyarakat sudah mengetahui bahaya narkoba yaitu dapat menyebabkan kematian pada seseorang, dapat merubah kepribadian seseorang, mengganggu mental dan kesehatan, menghacurkan masa depan, dll, akan tetapi dalam kehidupan sehari – hari, banyak kita lihat penyalahgunaan narkoba dimasyarakat dikarenakan kurangnya pendidikan, ikut – ikutan, rasa ingin tahu. Untuk itulah dalam makalah ini, saya membahas cara memproteksi diri dari bahaya narkoba.

  Permasalahan
Dalam makalah ini saya akan membahas permasalahan bahaya narkoba sebagai berikut :
Apa narkoba itu ?
Apa bahaya narkoba ?  
3.  Bagaimanakah cara memproteksi diri dari bahaya narkoba ?

  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini, saya ingin mengetahui bagaimana upaya memproteksi diri dari bahaya narkoba.

  Metode Penelitian
Metode penelitian yang saya lakukan untuk membahas ini ialah :
Study Pustaka.
Penelitian.

  Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian agar saya dan pembaca mengetahui bagaimana upaya memproteksi diri dari bahaya narkoba.

  Sistematika
Study pustaka.
Penelitian.



BAB II
ISI / PEMBAHASAN


2.1 Kerangka Teori

Menurut buku sumber yang saya temukan, yang berjudul Kampanye Anti Narkoba yang diterbitkan Badan Narkotika Nasional bahwa Narkoba / Napza adalah sejenis obat – obatan yang bila masuk kedalam tubuh akan mempengaruhi system otak, sehingga bilamana disalahkan akan menyebabkan kekeliruan perpepsi otak terhadap fisik, psikis / jiwa dan fungsi social, ada pula arti narkotika dari buku yang berjudul Kamus Besar Indonesia yang diterbitkan Balai Pustaka yaitu obat untuk menenangkan syaraf, menghilangkan rasa sakit, menimbulkan rasa mengantuk, atau merangsang ( opium, ganja, dsb ). Selain itu arti narkotika dari buku yang berjudul Kampanye Anti Narkoba yang diterbitkan Badan Narkotika Nasional yaitu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun bukan sintetis yang menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilang rasa, mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.
 Banyak bahaya yang dapat ditimbulkan dari narkoba yang terdapat dalam buku yang berjudul Narkotika dan Obat Berbahaya yang diterbitkan Mitra Bintibmas yaitu narkotika mampu merubah kepribadian dikorban secara drastis seperti berubah menjadi pemurung, pemarah, bahkan melawan terhadap apapun, siapaun, tidak segan mencuri uang atau bahkan menjual barang – barang dirumah, semangat belajar menjadi menurun, menimbulkan sikap masa bodoh terhadap dirinya sendiri, menjadi pemalas. Ada pula bahaya narkoba yang terdapat dalam buku yang berjudul Kampanye Anti Narkoba yang diterbitkan Badan Narkotika Nasional yaitu mengalami perlambatan dan kekacauan dalam berbicara, menurunya kadar hormon pertumbuhan dan hormone kelamin baik laki – laki maupun perempuan, menunjukan kegelisahan, kewaspadaan meningkat dan tidak dapat diam, bersikap acuh tak acuh, masa bodoh, tidak peduli, dapat merusak secara permanen jaringan otak, mudah tersinggung dan marah.
Menurut buku Narkotika dan Obat Berbahaya yang diterbitkan Mitra Bintibmas, banyak cara memproteksi diri dari bahaya narkoba yaitu pencegahan dilakukan secara integral dan dinamis antara unsur – unsur aparat dan potensi masyarakat, merupakan upaya yang terus menerus dan berkesinambungan, untuk merubah sikap prilaku, cara berfikir dari kelompok masyarakat yang sudah mempunyai kecenderungan menyalahgunakan, serta melakukan tindakan pidana perdagangan / peredaran gelap narkotika psikotropika dan zat adiktif,  dengan saling menghormati kedaulatan dan integritas territorial dari masing – masing Negara Indonesia dalam menanggulangi penyalahgunaan dan peredaran gelap, psikotropika dan zat adiktif lain. Selain itu menurut buku Kampanye Anti Narkoba yang diterbitkan Badan Narkotika Nasional cara memproteksi diri dari bahaya narkoba yaitu pada saat ini, masalah narkoba sudah merambah ke semua lapisan masyarakat. Fakta yang paling mengganggu adalah usia awal perkenalan dengan bermacam – macam zat atau obat – obatan ini menjadi semakin belia / muda. Tingkat penyalahgunaan narkoba pada usia ini sangatlah tinggi.
 
2.2 Kerangka Berfikir

Dalam pembahasan ini, saya juga mempunyai pendapat tentang narkoba. Menurut saya narkoba ialah zat adiktif yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia dan dapat menimbulkan keinginan yang ingin memakai narkoba terus – menerus bagi yang sudah pernah memakainya dan merupakan masalah yang sangat kompleks yang timbul karena berbagai faktor dan dapat merusak generasi muda.

2.3 Pembahasan      
 
Dari kerangka teori dan kerangka berfikir, dapat dijelaskan bahwa narkoba adalah zat adiktif yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, dan bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi system otak, sehingga bilamana disalah gunakan akan menyebabkan kekeliruan perpepsi otak terhadap fisik. Pada saat ini, masalah narkoba sudah merambah ke semua lapisan masyarakat, khusus pada kalangan remaja contoh dalam pergaulan remaja banyak dalam pergaulannya memakai narkoba dengan berbagai alasan seperti mengikuti  trend, ingin tahu sebagai suatu pelarian, bentuk perlawanan terhadap orang tua, kesenangan, iseng untuk mengurangi rasa bosan atau jenuh.Untuk itu, perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba pada kalangan remaja. Upaya-upaya  pencegahan tersebut diantaranya: melakukan penolakan terhadap tekanan dari teman sebaya yang memakai narkoba, melakukan hal-hal yang positif, menjadikan orang tua sebagai panutan utama sesuai kata dengan perbuatan.




BAB III
Penutup


3.1 Kesimpulan
Dari uraian yang terdapat pada kerangka teori diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa narkoba merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh manusia, mengganggu mental kesehatan, menghancurkan masa depan, dan yang sangat berbahaya adalah dapat menyebabkan kematian bagi pemakainya. Terhadap lingkungan masyarakat, pemakai narkoba dapat mengganggu ketertiban masyarakat, menimbulkan rasa takut di lingkungan masyarakat, dapat meresahkan masyarakat. Oleh sebab itu saya membahas cara memproteksi diri dari bahaya narkoba.

3.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas saya menyarankan kepada lapisan masyarakat agar ikut serta dalam memberantas bahaya narkoba. Dengan ini saya memberi cara – cara agar terhindar dari bahya narkoba.
Orang Tua
Memberi kasih sayang kepada anak – anaknya.
Memberi perhatian.
Memberi pengertian tentang bahaya narkoba.

Diri Sendiri
Melakukan hal – hal yang positif.
Berhati – hati dalam memilih teman dalam bergaul.
Menolak apa bila ada yang menawarkan narkoba.
Memiliki iman dan takwa yang kuat.
Mengembangkan hobi yang ada dalm diri kita.

Masyarakat
Memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba.
Melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila ada pengedar narkoba dilingkungannya.






DAFTAR PUSTAKA


Wresniwiro, M., dkk.1999. Masalah Narkotika Dan Obat Berbahaya Jakarta: Mitra Bintibmas.
Badan Narkotika Nasional.2000. Kampanye Anti Narkoba. Jakarta : Narkotika Nasional.

.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar